Sakit itu indah ^_^

Seorang kawan memapah saya turun dari motornya dan membawa saya memasuki ruang IGD di salah satu rumah sakit swasta di kota Surakarta. Beberapa orang memandang kasihan ke arah saya yang saat itu sudah pucat pasi dan hampir tak mampu menopang tubuh saya sendiri untuk berdiri.Seorang perawat segera melakukan pemeriksaan awal disusul seorang dokter yang melakukan sedikit interogasi kesehatan sambil memeriksa detak jantung dan kondisi perut saya yang saat itu tengah terkulai lemas. Tanpa basa basi seusai dokter memeriksa saya ingin beranjak namun tertahan karena rasa sakit yang luar biasa kembali menyerang ulu hati saya, rasa lemas yang teramat sangat juga membuat saya tidak mampu bangkit dari salah satu tempat tidur pasien di IGD itu. Saya terserang muntaber dikarenakan mengkonsumsi sebuh makanan kemasan yang diduga sudah tidak layak untuk dikonsumsi, dan hal itu menyebabkan saya kekurangan cairan sampai mengalami dehidrasi berat. Karena kondisi saya juga tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman apapun, dengan agak terpaksa saya memenuhi saran dokter untuk menjalani rawat inap di rumah sakit itu, agar segera mendapatkan pertolongan dan pengbatan intensif.

Seorang perawat kembali datang dan membawa kotak jarum suntik untuk memasang infus di tangan kiri saya dan mengambil sampel darah saya untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium. Setelah berkoordinasi sejenak dengan perawat yang lain, perawat tersebut member tahu saya bahwa kamar yang tersisa hanyalah kamar “kelas 2” itu artinya, dalam satu ruang rawat nanti, saya akan berbarengan dengan 6 orang sakit lainnya dan antar tempat tidur, hanya dipisahkan dengan kelambu saja. Namun karena saya hanya berharap mendapatkan pertolongan dan kesembuhan secepatnya, saya pun hanya bisa mengangguk dan menurut saja ketika perawat itu mendorong tempat tisur saya menuju lantai 3 rumah sakit itu dan memasuki bangsal tempat saya akan dirawat.

Sakit itu memang menyiksa, beberapa kali saya tidak kuasa menahan teriakan yang keluar begitu saja dari tenggorokan saya karena rasa nyeri terus menembus ulu hati saya, sesekali erangan sakit juga terdengar dari pasien pasien lain di kanan kiri saya. Dan saya mulai meneteskan air mata ketika rasa sakit itu tidak tertahankan lagi. Seorang sahabat dengan sabar mengelus dan menggenggam tangan saya dan terus mencoba memberi saya keuatan untuk kuat dan bersabar.

Dini hari.. sekitar pukul 2 pagi.. saya masih belum bisa terlelap.. hingga suntikan penghilang rasa sakit diberikan kembali kepada saya, saya masih tetap merasa kesakitan. Akhirnya di malam yang senyap itu, saya memanjatkan doa kepada Allah.. saya merasa Allah ada di dekat saya,,sangat dekat.. saya merasakan Allah itu ada.. setiap kali saya menyebut asma Allah..semakin Allah mendekat kepada saya.. saya mulai merasa tenang.. dan mencoba memejamkan mata.. sambil mengucap istighfar tiada henti..  astaghfirullah..astaghfirullah..astaghfirullah..

saya teringat sepenggal hadis yang pernah saya baca dari blog seorang sahabat

“Barangsiapa yang membiasakan membaca ISTIGHFAR, maka ALLAH akan menjadikan baginya jalan keluar untuk setiap kesempitan, kesenangan dari setiap kesedihan, dan diberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.(HR.Abu Dawud)”

Dan melalui sakit inilah Allah kembali mendekat kepada saya, dan membisikan di dua telinga saya, bahwa sakit itu indah…. sakit itu nikmat… bagaimana tidak.. ketika saya sakit.. ketika saya mengerang dan meneteskan air mata karena sakit itu… saya dengan mudahnya mengucapkan istighfar dalam setiap hela nafas saya.. dan Allah berjanji.. ketika hambaNya mengucap istighfar maka Allah akan menjadikan baginya jalan keluar untuk setiap kesempitan, kesenangan dalam setiap kesedihan, dan Allah bahkan akan memberi rizki dari arah yang tidak disangka sangka….Subhanallah.. Maha Suci Allah… bahkan di kala saya sakit… dan saya mengucapkan sepenggal kata “istighfar” ,Allah akan menjanjikan saya nikmat yang tidak akan saya sangka sangka…

Jadi… ketika seorang penyanyi baru bernama indah pertiwi dengan merdunya menyanyikan.. “baru aku tau..sakit itu apa….” mungkin saya akan lebih memilih menyanyikannya dengan versi saya sendiri dengan lirik.. “baru aku tau..sakit itu indah…” 🙂


Iklan

34 thoughts on “Sakit itu indah ^_^

  1. Sakit yang diderita oleh seseorang bisa juga menjadi sebuah paramater dari kesabaran orang tersebut. Jika orang tersebut gak terkena sakit, belum tentu rasa sabar dan ridho muncul..

    Anas Radhiallaahu anhu meriwayatkan sebuah hadits secara marfu’, “Sesungguhnya besarnya pahala tergantung pada besarnya cobaan. Jika ALLAH mencintai suatu kaum maka Dia akan mengujinya dengan cobaan. Barang siapa yang ridha atas cobaan tersebut maka dia mendapat keridhaan ALLAH dan barang siapa yang berkeluh kesah (marah) maka ia akan mendapat murka ALLAH.”

    Rasulullah saw. bersabda, “Sungguh menakjubkan kondisi seorang mukmin, sesungguhnya semua urusannya adalah baik baginya. Jika memperoleh kelapangan lalu ia bersyukur maka itu adalah baik baginya. Dan jika ditimpa kesempitan lalu ia bersabar maka itupun baik baginya (juga).”

    Semoga Indah dan kita semua yang mungkin sedang diberikan nikmat sakit, mampu bersabar atas ujian ini.. amin ya ALLAH..

  2. setelah sakit kita baru sadar kalo sehat itu nikmat yang indah…
    dan sebagai seorang yang mampu mengambil hikmah sakit bisa juga sebagai alarm, pengingat jiwa untuk senantiasa sabar dan ikhlas…

    semoga sakitnya menjadi penawar dari dosa2…cepat sembuh ya indah…

  3. Ibnu Abbas r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, Ada dua macam nikmat yang banyak dilupakan manusia, yaitu nikmat kesehatan dan kesempatan (umur).”(H.R. Bukhari)

    Ehm.., Ya, terkadang (mungkin sering) kita lupa bahwa hidup di dunia hanya sementara, ibarat pengembara yang melintasi ‘jembatan panjang’ bernama ‘dunia’. Dan alangkah INDAHnya pengembaraan kita, karna Allah memberikan banyak bekal selama perjalanan panjang ini, diantaranya bekal kesehatan. Dengan bekal ini kita diharapkan menuju ujung jembatan dengan selamat. Namun, perlu kita sadari, bahwa sewaktu-waktu bisa saja pengembaraan kita berakhir karna usia yang terputus, atau bisa jadi ‘jembatan panjang’ itu roboh karna sudah mencapai masanya, ya, segalanya mungkin saja terjadi.

    *******
    Ehm., tapi…Bukankah Allah lebih menyukai mukmin yang kuat dibanding yang lemah ?? Berarti Allah lebih suka donk sama mukmin yang sehat ?? Karna, ketika sakit ibadah itu jadi mudah, bukan ?? Yang harusnya shalat itu berdiri tegak, tapi ketika sakit, bisa berbaring, mudah kan ?? Ya.., memang benar sakit menggugurkan dosa-dosa, tapi ‘kudu’ ikhlas dan sabar, ya kan ??

    Jadi intinya, jadilah muslim yang sehat, karna dengan kesehatan itu ‘peluang usaha’ kita untuk meraih ‘kesempurnaan’ amalan itu lebih besar dibanding ketika sakit, betul tidak ?? Bukan tidak boleh sakit, karna yang namanya sakit itu lain cerita ,bukan kehendak kita, datang dan perginya kan tidak bisa diprediksi, bisa saja hari ini kita berdiri tegak tapi ternyata keesokan hari sudah berkusi roda, ya sehat harus benar-benar disyukuri, dan saya rasa, rasa syukur itu tidak cukup hanya dengan mengatakan alhamdulillah (memang salah satu bentuk syukur), tetapi bersyukur berarti menggenapkan segala potensi yang Allah beri untuk berada di jalan-Nya, ya kan ??

    Ehm, tetapi sekali lagi urusan bagi seorang muslim itu INDAH..
    ” Tidaklah seorang muslim mendapat keluhan, musibah, penyakit, bahkan gangguan duri sekalipun melainkan itu adalah penggugur dosa baginya ”

    Yuuk, jadi mukmin yang sehat 😉

  4. sakit itu bukti cinta ALLAH, agar kita istirahat dan belajar menyandarkan hati kepadaNYA 🙂 terima kasih sudah sering ke kebun saya ya sist .. *peluk*

    • huaaaaaaaaaaa…. mba adeeee…
      akhirnya mba ade ksini juga…. 😥 terharu…..
      setelah indah jadi silent readernya mba ade…dan akhirnya berani memunculkan diri di permukaan..akhirnya mba ade mau ksini juga…

      huks…
      *peluk* juga….

      nb: temen2 yg laen.. maaf indah belum bales commentnya.. tapi kalo mba ade mah.. langsung indah bales… 😆
      soalnya udah bertahun2 menanti siih…:D

    • Tuh bener kan, Ade pasti datang koq ke tempat Indah..
      Kemarin karena ada beberapa urusan yg harus diselesaikan aja jadinya belum sempat main ke ‘rumah’ Indah..

      ssttt.. Indah gak minta tanda tangan? hehehe.. 😛

  5. karena pada saat sakit lah kita baru sadar betapa besarnya nikmat kesehatan yang sudah kita sia-siakan…
    Gunakanlah waktu sehatmu sebelum sakit mu

  6. Ping-balik: She’s the candle « .: just a littleangel's diary :.

  7. Sebuah tulisan yang indah. Beginilah pabila kita bisa mengambil hikmah dari setiap peristiwa. Terima kasih banyak ya… saya telah mendapatkan pelajaran penting dari tulisan ini. Salam kenal dan selamat berkarya…

    • alhamdulillah…. semua yang terjadi dalam hidup kita pasti mengandung hikmah…..insyaAllah…. :)… dan tahukah anda?? bahwa Allah dekat dengan orang orang yang sakit… mengutip dari tulisan seorang kawan
      “Wahai manusia, si fulan hamba-Ku sakit dan engkau tidak membesuknya. Ingatlah seandainya engkau membesuknya niscaya engkau mendapati-Ku di sisinya. (HR Muslim dari Abu Hurairah)”

  8. Ping-balik: Surakarta, Saya pamit…. « .: just a littleangel's diary :.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s