Semakin banyak memberi……semakin banyak menerima….

putaran roda sepeda saya mewakili langkah langkah saya menyusuri sepanjang jalan di kota budaya ini……rasa sakit di sekujur tubuh saya dan pusing yang terus memeluk erat kepala saya nyatanya tidak menurungkan niat sayaย  untuk tetap mengayuh sepeda bersama kawan kawan pagi ini…… ๐Ÿ™‚ saya menikmatinya…..berolahraga dalam kondisi sakit…..semoga bisa membuat saya lekas sembuh….amien….

saya terus mengayuh sambil sesekali bernyanyi…..berjalan menantang matahari…hingga sinar matahari mengelus kulit saya perlahan……satu hal yang saya sukai dari bersepeda adalah saya dapat menikmati keindahan alam di pagi hari….disamping itu….saya juga bisa melamun…*hihihihi

saya memang sangat sulit berkosentrasi terhadap satu hal….karena saya memang dilahirkan sebagai makhluk multitasking…. :D….bahkan dalam keadaan mengayuh sepeda pun saya bisa melakukannya sambil melamun…. ;))

otak saya sedikit melayang layang ketika saya melihat beberapa ibu ibu sibuk memunguti sampah di sebuah jalan yang saya lintasi setelah melintasi kraton kasunanan solo……mereka pasti melakukan itu demi sesuap nasi….dan ahh….ternyata saya lapar….saya ingat…saya jarang sekali makan akhir akhir ini karena uang saya habis…..

otak saya berputar lagi..kembali mengingat ingat bagaimana uangย  saya bisa habis…..

gaji pertama saya kemarin memang sepenuhnya saya persembahkan untuk ibu saya…. ๐Ÿ™‚ …dan selama sebulan ini…saya bertahan hidup dengan uang di tabungan saya yang hanya 500 ribu…..,nominal itu sangat cukup memang….dan saya santai santai saja sampai seorang teman mengirim smsnya kepada saya….sebut saja namanya Lia…

“indah….aku pengen daftar pendadaran TA….tapi kan pendadaran harus nyiapin konsumsi buat pembimbing,penguji,dan sebagainya…boleh ga aku pinjam uang 300 ribu??? ..”

dan saya adalah orang yang tidak bisa berkata tidak….akhirnya saya pun membalas… “iya..boleh..nanti aku transfer….”

jadilah…uang di tangan saya hanya 200 ribu saja… ๐Ÿ˜ฅ …. dan sehari setelah sms dari lia itu…saya mendapatkan sms dari teman sekolah saya waktu smk….namanya retno……”bun…aku mau mudik….adekku kecelakaan…tapi uangku abis bun…..bisa pinjemi 100 ribu ga?…”*bun itu bunda….dia biasa memanggil saya begitu….

dan sekali lagi saya tidak bisa berkata tidak….saya membalas smsnya…”bisa banget donk sayang……nanti aku kirim…semoga adekmu lekas sembuh yah….salam buat keluargamu di rumah..”

akhirnyaa……saya memaksa diri dengan bertahan hidup selama satu bulan dengan uang 100 ribu di tangan……

kalau saya hitung dengan kapasitas matematika saya…..agak sulit memang untuk mencukupi kebutuhan makan ,minum….dan membeli bensin untuk miow kesayangan saya…..

akhirnya saya membatasi diri…..uang keluar maksimal 5000/hari……kadang terasa lapaaar sekali……dan ketika lapar saya lebih memilih untuk mengambil segelas air putih……cukuplah untuk menahan lapar ini… ๐Ÿ™‚
semua saya pasrahkan kepada Allah……Allah Maha Baik……dan Allah yang akan mencukupkan semua untuk saya… ๐Ÿ™‚

dan Allah adalah satu satunya zat yang menciptakan lambung..maka dari itu…Allah pasti tahu..bagaimana kebutuhan lambung kita……Subhanallah…..

….masih sambil mengayuh sepeda……saya menghitung lagi uang saya hari ini……..hari ini saya insyaALLAH akan menerima gaji kedua saya…dan ternyata..uang saya yang 100 ribu itu…masih tersisa enam ribu lima ratus rupiah ๐Ÿ™‚

kalau saya pikir pikir lagi….how come….???!!seratus tibu sebulan itu cukup….bahkan sisa… :D…..setelah saya ingat ingat..ternyata selama satu bulan ini….saya sering sekali mendapatkan rejeki yang tidak saya duga duga…..

waktu di kantor…..tiba2 ada makan siang gratis……waktu bersepeda……tiba2 dikasih sarapan gratis sepuasnya…..waktu nemenin mbak kos jalan jalan ternyata ditraktir…..dapat voucher makan gratis di MCD……Subhanallah……..semua ini datangnya tidak lain tidak bukan hanyalah dari Allah ta ala….. ๐Ÿ™‚

Semakin banyak memberi……semakin banyak menerima….

itulah sebabnya tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah…itulah sebabnya…orang orang yang gemar bersodaqoh hartanya sepertiย  tidak pernah habis….. ๐Ÿ™‚ ….karena Allah Maha Menjamin Rezeki …….

…..masih sambil mengayuh sepeda…….saya tersenyum….. :)..mulai sekarang…saya tidak perlu lagi khawatir uang saya habis karena saya berikan kepada yang membuatuhkan….saya tidak perlu lagi khawatir saya makan apa nanti malam kalau pagi ini uangnya saya pakai untuk beramal……saya tidak perlu risau lagi….dengan segala macam kalkulator perhitungan saya…..

karena saya percaya….semakin banyak memberi..semakin banyak menerima…… ๐Ÿ™‚

โ€œ Perumpamaan ( Nafkah yang dikeluarkan oleh ) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang munumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipat gandakan ( ganjaran ) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas ( karunia-Nya ) lgi Maha Mengetahui. Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti ( perasaan si penerima ), mereka memperoleh pahala disisi Robb mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak mereka tidak bersedih hati. Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan. Dan Allah Maha Kaya lagi Maha penyantun.โ€ย  (Al Baqarah 261-163)

Iklan

4 thoughts on “Semakin banyak memberi……semakin banyak menerima….

  1. Subhanallah…
    ALLAH Maha Besar yah..
    Sedekah gak akan pernah mengurangi harta kita ๐Ÿ™‚

    Rasulullah saw. bersabda, “Ada malaikat yang senantiasa berdo’a setiap pagi dan sore, ‘Ya ALLAH gantilah harta orang yang berinfak.’ Dan malaikat yang lain berkata, ‘Ya ALLAH, bangkrutkanlah orang yang kikir (tidak mau berinfak)” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s